Logo Mahakamdaily.com

Gelar Sosbang ke-2 Tahun 2024 di Desa Sumber Sari Kukar, Baharuddin Demmu: Wawasan Kebangsaan untuk Menyatukan Kita

Baharuddin Demmu berharap Wawasan Kebangsaan bisa diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Foto : Baharuddin Demmu, Anggota DPRD Kaltim berjabat tangan dengan warga Desa Sumber Sari usai melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) ke-2 Tahun 2024. (MY/Mahakam Daily)

Mahakam Daily – Anggota DPRD Kalimantan Timur Baharuddin Demmu mengelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) II tahun 2024, di Desa Sumber Sari, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (24/2/2024).

Dua pemateri dari Akademisi Fakultas Hukum Universitas Mulawarman juga dihadirkan yakni Warkhatun Najidah, S.H., M.H dan Dr. Haris Retno Susmiyati, S.H., M.H.
Materi pertama disampaikan oleh Warkhatun Najidah, tentang empat konsensus berbangsa dan bernegara. Mulai dari penjelasan Pancasila, UUD, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Wawasan kebangsaan untuk menyatukan kita, untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Jangan sampai terjadi lagi ada kubu cebong dan kampret,” kata Najidah dihadapan peserta Sosbang II 2024.

Usai pemaparan dari Najidah, materi selanjutnya disampaikan Dr Haris Retno, tentang pentingnya implementasi empat konsensus kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Haris menjabarkan mulai dari sila pertama Pancasila hingga sila kelima dengan contoh implementasi sehari-hari di kehidupan masyarakat.

Antusias warga Desa Sumber Sari  saat diskusi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang digelar Anggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu. (MY/Mahakam Daily)
Antusias warga Desa Sumber Sari saat diskusi Sosialisasi Wawasan Kebangsaan yang digelar Anggota DPRD Kaltim, Baharuddin Demmu. (MY/Mahakam Daily)

Peserta yang hadir sangat aktif. Tak sekadar bertanya, warga juga memanfaatkan momen tersebut, untuk menyampaikan kondisi mereka kepada wakil rakyat dari dapil Kukar, Baharuddin Demmu.

“Hari ini kami melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan di Desa Sumber Sari. Materi dari dua narasumber juga disimak dengan baik oleh masyarakat,” ungkap Demmu sapaannya.

Ketua Komisi I DPRD Kaltim tersebut berharap, dengan materi yang disampaikan untuk masyarakat, bukan sekadar menambah pengetahuan, tetapi juga pada praktiknya bisa dilaksanakan dalam aktifitas masyarakat di Desa Sumber Sari dan sekitarnya.

“Saya harap masyarakat bisa menerapkan wawasan tersebut di dalam kehidupan sehari-hari,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kegiatan tersebut merupakan upaya DPRD Kaltim untuk menyebarluaskan wawasan kebangsaan, yakni empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara.

Space Reklame

Ikuti terbitan berita & artikel melalui Google News

Kecelakaan-kecelakaan ini, yang terjadi di beberapa titik strategis di Samarinda,
Sekretaris DPD PDI-P Kaltim, Ananda Emira Moeis menjelaskan bahwa pendaftaran
Hampir saban bulan dirinya bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Kaltim
Perda Penyelenggaraan Bantuan Hukum menjadi harapan bagi masyarakat Kuala Samboja,
Kecelakaan-kecelakaan ini, yang terjadi di beberapa titik strategis di Samarinda,
Agus Suwandy mengingatkan untuk menyikapi perbedaan dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya,
Sekretaris DPD PDI-P Kaltim, Ananda Emira Moeis menjelaskan bahwa pendaftaran