Logo Mahakamdaily.com

Gelar Seleksi Perawat dan Bidan, Sebagai Penunjang Nakes Desa di Kukar

Kepala DPMD Kukar, Arianto diharap dapat optimalkan program satu perawat dan bidan di setiap desa. (Ist)

Foto : Kepala DPMD Kukar, Arianto diharap dapat optimalkan program satu perawat dan bidan di setiap desa. (Ist)

Mahakam DailyKabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki wilayah geografis yang sangat Luas geografis, hal tersebut terkadang membuat segala keperluan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi lebih kompleks.

Atas hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), saat ini tengah memberi perhatian terhadap tenaga kesehatan (Nakes) yang ada pada wilayahnya. Untuk mensiasatinya, dalam waktu dekat ini Pemkab Kukar berencana mengadakan seleksi Nakes khusus untuk setiap desa yang memerlukan.

Kepala DPMD Kukar, Arianto mengungkapakan bahwa, seleksi sendiri akan dilakukan khusus untuk perawat dan bidan, yang nantinya akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes).

“Pengangkatan ini merupakan upaya pemerintah dalam optimalisasi program satu perawat dan bidan di setiap desa. Proses seleksinya akan dilakukan langsung oleh Dinkes Kukar pada APBD-P ini secara serentak,” kata Arianto, pada Jumat (13/10/2023).

Diakui Arianto bahwa, keberadaan Nakes yang ada di desa-desa Kukar saat ini masih banyak belum terisi. Misalnya, dibeberapa desa ada yang telah memiliki bidan, namun tidak ada perawat, dan sebaliknya, pada desa-desa lainnya.

Oleh sebab itu dirinya mendorong warga lokal desa tersebut, yang merupakan lulusan dibidang kesehatan untuk mengikuti seleksi yang diselenggarakan.

Sehingga, nantinya akan ditempatkan di desa tersebut, untuk mengabdi dan melayani warga local setempat.

“Kita akan mulai ini di perubahan, insya Allah tiga hingga empat bulan kedepan akan kita berikan insentif pada mereka melalui program bantuan keuangan desa,” tukasnya.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong