Logo Mahakamdaily.com

DPRD Kaltim Dorong Pemprov Kaltim Lakukan Kerjasama dengan Kementerian Pertanian

Mahakam Daily – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Seno Aji mendorong pemerintah daerah untuk bekerjasama dengan kementerian terkait guna mengatasi permasalahan di sektor pertanian.

Dirinya menilai, jika Kaltim masih mengalami kekurangan dalam pasokan pangan. Hal ini dilihat dari ketergantungan pasokan pangan pada Sulawesi dan Jawa.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Jadi kita bekerja sama dengan Kementerian Pertanian untuk menyiapkan bibit yang sesuai dengan kondisi tanah di Kaltim,” ucap Seno, Senin (13/11/2023).

Banner DPRD Kaltim

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar melakukan analisis kondisi tanah terlebih dahulu. Hal itu bertujuan untuk membantu menentukan jenis bibit yang sesuai dengan karakteristik tanah, termasuk tingkat keasaman yang cenderung rendah (di bawah 6 pH).

“Sehingga kita juga harus memberikan treatment yang pas, kontur tanah itu kemudian nanti bagaimana kita mencetak tanah yang baik, memperbesar area pertanahan yang kita lakukan,” imbuhnya.

Ketua Paguyuban Supersemar itu juga menyoroti pentingnya komunikasi antarlembaga pemerintah. Untuk itu, dia pun telah berkomunikasi dengan Anggota DPR RI Dapil Kaltim, Budi Satrio Djiwandono, sejak tahun 2022.

Kolaborasi sebut menjadi salah satu langkah dalam mencapai hasil yang lebih baik dalam meningkatkan ketahanan pangan di Kaltim.

“Sudah sejak tahun lalu kami sudah lakukan di pusatkan ada pak Budi Satrio wakil komisi 4 yang membidangi pertanian ini, jadi kita bisa connect dengan beliau, beliau juga dapil Kaltim, suatu simbiosis mutualisme yang baik,” pungkasnya.

[adv]

Space Reklame