Logo Mahakamdaily.com

Dispora Kukar Libatkan 20 Peserta Ikut Pelatihan Industri Olahraga dan Kewirausahaan

Pelatihan Industri Olahraga dan Kewirausahaan Pemuda di Jawa, Ini Peserta dari Kukar.

Foto : Pelatihan Industri Olahraga dan Kewirausahaan Pemuda di Jawa, Ini Peserta dari Kukar.

Mahakam Daily – Pulau Jawa menjadi tujuan para pelaku industri olahraga dan kewirausahaan pemuda dari Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) untuk mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari 10 orang di bidang jasa usaha dan 10 orang di bidang jasa pembuatan peralatan olahraga, berangkat ke Jawa pada Selasa (24/10/2023). Mereka akan mengikuti pelatihan Industri Olahraga di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dan Training of Trainer (TOT) Kewirausahaan Pemuda di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni, mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas para pelaku industri olahraga dan kewirausahaan pemuda di Kukar. Ia berharap mereka dapat mengembangkan usaha mereka dengan lebih inovatif dan kompetitif.

“Para pelaku industri olahraga di Kukar selama ini masih terpaku dengan bahan kayu tanpa dimodifikasi dengan bahan lainnya, sehingga dinilai tidak ada inovasi dan memiliki daya saing di pasaran. Maka kami himpun mereka untuk mengikuti pelatihan di Boyolali, supaya mereka dapat memodifikasi bahan kayu dengan kuningan atau lainnya, agar ada nilai seninya,” kata Ali.

Sementara itu, para peserta TOT kewirausahaan merupakan anggota aktif dari Klinik Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM). Mereka adalah pemuda-pemudi yang telah memiliki dan mengelola beragam jenis usaha. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan mereka dalam public speaking, penyusunan modul, dan teknik penyampaian materi.

“Sepulang dari pelatihan ini mereka sudah mapan dengan menjadi seorang trainer yang baik, khusus di bidang kewirausahaan pemuda,” tutupnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong