Logo Mahakamdaily.com

Dishub Kukar Siapkan Rp2,5 Miliar Rehabilitasi Sejumlah Dermaga

Foto : Akan Rehabilitasi Sejumlah Dermaga di Kukar, Dishub Siapkan Anggaran Rp2,5 Miliar. (Ilustrasi)

Mahakam Daily – Sejumlah dermaga di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan segera direhabilitasi oleh Dinas Perhubungan (Dishub) setempat. Dishub Kukar telah menyiapkan anggaran senilai Rp.2,5 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kukar tahun 2023.

Kepala Dishub Kukar, Junaidi mengatakan, ada 17 dermaga yang masuk dalam program rehabilitasi, baik itu dermaga umum maupun dermaga wisata. Beberapa dermaga yang akan dibangun adalah Dermaga Apung Desa Teluk Muda, Kelurahan Tama Pole, dan Halte Sungai di beberapa desa seperti Liang, Separi, dan Tanjung Batu.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Selain pembangunan, Dishub Kukar juga akan melakukan pengembangan Dermaga di Kota Bangun dan Dermaga di Pasar Muara Muntai Ulu. Dermaga ini diharapkan dapat mendukung aktivitas ekonomi dan pariwisata di wilayah tersebut.

Untuk pemeliharaan, Dishub Kukar akan merawat delapan dermaga yang sudah ada, di antaranya Dermaga Kutai Lama, Dermaga Sebulu Modern, dan Dermaga Wisata Tanjung Serai. Rehabilitasi dermaga ini juga akan dilakukan di beberapa lokasi, termasuk Jembatan Dermaga Muara Muntai.

“Kita sudah memprogramkan untuk dermaga umum maupun wisata. Baik itu pembangunan maupun pemeliharaan,” ujar Junaidi dalam keterangan tertulisnya.

Junaidi menambahkan, dermaga merupakan fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat hulu dan pesisir, khususnya yang berprofesi sebagai nelayan. Dengan adanya dermaga yang layak, masyarakat dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aman.

“Dermaga juga memperkuat sektor pariwisata di beberapa desa yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kita berharap dengan adanya dermaga ini, masyarakat dapat lebih sejahtera,” tuturnya.

[adv]

Space Reklame