Logo Mahakamdaily.com

Disdikbud Kukar Sosialisasikan Direktori Kesenian untuk Lestarikan Budaya Lokal

Foto : Disdikbud Kukar Sosialisasikan Direktori Kesenian untuk Lestarikan Budaya Lokal

Mahakam Daily – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar sosialisasi Direktori Kesenian Kukar di Gedung Serbaguna Disdikbud lantai tiga, Jumat (17/11/2023). Kegiatan ini bertujuan untuk mendokumentasikan dan menginformasikan keberadaan para seniman, budayawan, karya seni, dan seni budaya yang ada di Kukar.

Sosialisasi ini diikuti oleh seniman-seniman dari dua kecamatan, yaitu Tenggarong dan Loa Kulu, yang diundang secara khusus oleh Disdikbud. Acara dibuka oleh Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Hutomo, SH, yang didampingi oleh Liliyanto, S.Pd., M.Pd., sebagai perwakilan dari Seksi Pembinaan Kesenian, Bahasa dan Sastra Daerah.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Liliyanto, yang juga menjadi narasumber, menjelaskan bahwa Direktori Kesenian Kukar merupakan sebuah buku yang berisi data tentang 237 kelompok seni yang ada di Kukar. Data tersebut berasal dari data awal Dinas Pariwisata tahun 2017 sebanyak 225 kelompok seni, dan data tambahan dari teman atau kelompok seni lainnya sebanyak 12 kelompok seni. Namun, data tentang jumlah pelaku seni di Kukar masih belum terdata secara rinci.

Menurut Liliyanto, salah satu tugas pokok dari Seksi Pembinaan Kesenian, Bahasa dan Sastra Daerah adalah melakukan pembinaan kepada para seniman, budayawan, pegiat, dan pengamat seni di Kukar. Pembinaan ini bertujuan untuk melestarikan kesenian asli atau khas Kutai, maupun kesenian yang berasal dari luar Kukar tetapi eksis dan berkembang di Kukar.

“Bentuk pembinaan yang dilakukan antara lain adalah pelatihan, pertunjukan, bantuan alat kesenian, dan sertifikasi seniman,” ucapnya.

Liliyanto juga mengarahkan para peserta sosialisasi untuk mengisi data pada formulir yang telah disediakan. Data tersebut diperlukan sebagai eksistensi lembaga, individu, atau kelompok kesenian mereka.

“Kedepan, data ini akan mempermudah akses ketika akan dilibatkan dalam suatu event tertentu, maupun dalam kegiatan pembinaan yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kukar,“ tutupnya.
(Adv)

Space Reklame