Logo Mahakamdaily.com

Disdikbud Kukar Gelar Pembinaan GTK dan Pengawas SMP

Foto : Disdikbud Kukar Gelar Pembinaan GTK dan Pengawas SMP

Mahakam Daily – Sebanyak 36 Kepala Sekolah dan 9 Pengawas Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti kegiatan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) dan Peningkatan Kompetensi Supervisi Manajerial dan Akademik.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar melalui Bidang Pembinaan Ketenagaan pada 18-20 November 2023 di Hotel Grand Fatma Tenggarong.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan para peserta yang akan mengikuti Uji Kompetensi Kenaikan Jenjang (UKKJ) Jabatan Fungsional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja dan komitmen para GTK dan Pengawas Sekolah di Kukar.

Empat narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Haniah, M.Pd dan Sunarti, M.Pd dari Balai Guru Penggerak Provinsi Kalimantan Timur, Hamsah Hery, M.Pd Pengawas UPTLK Kecamatan Muara Badak, dan Roni, A.Md dari Dinas Pendidikan Kota Samarinda.

Mereka memberikan materi dan pembekalan tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan jabatan fungsional Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, seperti manajemen sekolah, supervisi akademik, pengembangan kurikulum, dan penilaian kinerja.

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar, Drs. H. Joko Sampurno, M.Si, yang membuka kegiatan ini secara resmi, menyampaikan beberapa hal penting dalam sambutannya. Salah satunya adalah tentang tantangan yang dihadapi oleh para Pengawas Sekolah di Kukar, yaitu masih rendahnya rasio antara pengawas dengan jumlah sekolah yang harus diawasinya.

“Rasio idealnya adalah 1:7, maksudnya satu pengawas mengawasi 7 sekolah. Tetapi kondisi sekarang satu pengawas mengawasi 14 bahkan sampai 15 sekolah. Dengan jumlah total 149 SMP yang ada di Kukar. Jadi masih sangat tidak ideal”, kata Joko, Sabtu (18/11/2023).

Joko juga berpesan kepada para Kepala Sekolah agar bisa konsisten dengan komitmennya sebagai pemimpin di sekolahnya. Ia mengatakan bahwa banyak aduan yang masuk ke dinas terkait dengan kinerja, persoalan pribadi, dan lain sebagainya yang menyangkut para Kepala Sekolah.

Ia berharap melalui kegiatan ini semua peserta bisa meningkatkan kompetensinya dan mendapatkan kenaikan jenjang jabatan yang menjadi tujuan diadakannya kegiatan ini.
(Adv)

Space Reklame