Logo Mahakamdaily.com

Dewan Kaltim Sebut Kukar Miliki Ragam Potensi Untuk Dikembangkan

Mahakam Daily – Anggota DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid menyampaikan jika desa-desa di Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki potensi yang beragam untuk dapat dikembangkan.

Potensi tersebut seperti sektor agrowisata dan pariwisata, yang sangat dipengaruhi oleh keadaan geografis yang berbeda-beda di setiap daerah.

“Dengan situasi geografis yang berbeda-beda, desa-desa tersebut dapat mengoptimalkan kekayaan alam dan daya tarik wisata yang dimilikinya,” ujar Ely, Selasa (7/11/2023).

Banner DPRD Kaltim

Ia mencontohkan, desa-desa yang berlokasi di daerah pegunungan dapat mengembangkan sektor agrowisata dengan memanfaatkan lahan pertanian yang subur.

Lanjutnya, menghasilkan produk-produk unggulan seperti kopi organik, buah-buahan segar, atau sayuran organik yang dibudidayakan dengan metode ramah lingkungan.

“Potensi ini dapat menarik wisatawan yang mencari pengalaman alam yang autentik dan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan petani lokal,” tambahnya.

Sementara itu, desa-desa yang berada di daerah pesisir dapat mengembangkan sektor pariwisata dengan menawarkan keindahan pantai, kegiatan memancing, atau aktivitas air seperti snorkeling atau selam.

“BUMDes di daerah tersebut dapat menyediakan akomodasi, restoran, dan layanan wisata lainnya untuk mendukung kegiatan pariwisata yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara,” tandasnya.

[adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong