Logo Mahakamdaily.com

Desa Selerong Siapkan Wasit Lokal Berlisensi untuk Turnamen Sepak Bola Tahunan

Suasana Coaching Clinic Wasit Sepak Bola Desa Selerong / Istimewa

Foto : Suasana Coaching Clinic Wasit Sepak Bola Desa Selerong / Istimewa

Mahakam Daily – Pemerintah Desa (Pemdes) Selerong, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar coaching clinic wasit sepak bola untuk pertama kalinya. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Pemdes Senoni dan mendapat dukungan dari Asosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Kukar serta Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar.

Coaching clinic yang berlangsung selama dua hari ini diisi dengan materi teori dan praktik. Narasumbernya adalah Wasit Askab PSSI Kukar berlisensi C1 Nasional, Reza Fahlevi. Sebanyak 15 peserta mengikuti kegiatan ini, terdiri dari 10 pemuda Desa Selerong dan 5 pemuda Desa Senoni.

Banner Diskominfo Kukar 2024

Kepala Desa (Kades) Selerong, H Badrun, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan wasit lokal yang berkualitas dan berlisensi.

“Ini adalah generasi muda kita yang peduli dengan komunitas bola dan futsal di daerah sekitar kita. Ini salah satu wujud kepedulian pemerintah desa terhadap pecinta sepak bola dan futsal,” kata Badrun pada Kamis (6/6/2024).

Badrun menuturkan bahwa wasit merupakan profesi penting dalam setiap turnamen. Oleh karena itu, perlu adanya SDM, skill, dan mental yang mumpuni bagi para wasit.

“Sehingga perlu SDM, perlu skil, perlu mental yang dalam hal ini perlu kita latih dan kolaborasi dari Dispora dan Askab, pembiayaan dari APBDes Selerong dan Senoni,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Badrun menjelaskan bahwa Desa Selerong setiap tahun mengadakan turnamen sepak bola dan futsal dalam rangka memperingati HUT desa pada tanggal 15 Oktober.

“Ini diperlukan, karena punya ilmu ga ada ijazah maka kita tidak dipakai, begitu pula sebaliknya, punya ijazah tapi tak berilmu ya tetap tidak dipakai, jadi agenda tahunan kita harus mempersembahkan wasit asli putra daerah asli desa kita,” tegasnya.

Coaching clinic ini diharapkan dapat melahirkan wasit lokal yang berkualitas dan berintegritas, sehingga dapat memajukan dunia persepakbolaan di Desa Selerong dan sekitarnya.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat