Logo Mahakamdaily.com

Desa Kedang Ipil Memprioritaskan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah saat diwawancara awak media

Foto : Kepala Desa Kedang Ipil, Kuspawansyah saat diwawancara awak media

Mahakam Daily – Menyadari bahwa pembangunan desa tak hanya soal infrastruktur, Desa Kedang Ipil di bawah kepemimpinan Kuspawansyah fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakatnya. Berbagai program digulirkan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan, khususnya bagi para pemuda.

“Harapannya untuk SDM sendiri, bisa dibilang sedikit tertinggal dengan desa-desa transmigrasi. Jadi SDM ini menjadi skala prioritas untuk kita tingkatkan dengan cara pelatihan maupun membantu anak-anak kita yang mungkin kurang mampu untuk melanjutkan sekolah yang lebih tinggi lagi,” ujar Kuspawansyah pada Selasa (7/5/2024).

Bekerja sama dengan Balai Konstruksi Banjarmasin, Kuspawansyah telah mengadakan pelatihan di bidang konstruksi di tahun lalu. Tahun ini, rencananya pelatihan akan dikembangkan di bidang lain, seperti barista dan pengelolaan wisata.

“Tahun ini rencananya kita kembangkan pelatihan keterampilan barista dan pengelolaan wisata yang baik. Ini yang akan kita canangkan hingga 3 tahun pertama RPJM untuk pengembangan SDM,” imbuhnya.

Kuspawansyah menargetkan program ini untuk membantu para pemuda dan masyarakat yang masih menggeluti usaha karet aren.

“Semua program itu untuk masyarakat. Sasarannya memang anak-anak muda dan yang masih menggeluti pengembangan aren karet. Kita sasar duluan dari sistem pengelolaan secara modern. Kami menyiapkan rumah produksi dan lain-lain,” tuturnya.

Dengan berbagai program ini, Kuspawansyah berharap dapat meningkatkan kualitas SDM di Desa Kedang Ipil dan menjadikan desa ini lebih maju dan sejahtera.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong