Logo Mahakamdaily.com

Bumdes Tukung Ritan Sejahtera Sukses Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

Momen peresmian Jembatan penyeberangan Kapal Fery di Desa Tukung Ritan. (Ist)

Foto : Momen peresmian Jembatan penyeberangan Kapal Fery di Desa Tukung Ritan. (Ist)

Mahakam Daily – Perubahan zaman membawa perubahan pula bagi usaha yang dijalankan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tukung Ritan Sejahtera di Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Bumdes yang awalnya fokus pada usaha transportasi air, kini beralih ke usaha transportasi darat.

Hal ini disebabkan oleh adanya jembatan yang menghubungkan kedua wilayah di sisi sungai yang sebelumnya hanya bisa dilalui dengan kapal feri. Dengan adanya jembatan tersebut, permintaan akan transportasi air menurun drastis.

Namun, Bumdes Tukung Ritan Sejahtera tidak menyerah begitu saja. Mereka melihat peluang usaha baru di bidang transportasi darat, terutama dalam layanan travel mobil. Mereka pun mulai menyediakan enam unit mobil yang siap melayani perusahaan-perusahaan dan warga di wilayah mereka.

“Kami ingin memberikan kesempatan kepada warga untuk peningkatan ekonomi. Salah satu masalah umum yang sering dihadapi, adalah masalah legalitas usaha. Dengan bergabung di Bumdes, menjadi lebih mudah untuk mereka menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan,” ujar Ubang Ului, Kepala Desa Tukung Ritan, Jumat (13/10/2023).

Selain bidang transportasi, Bumdes Tukung Ritan Sejahtera juga terlibat dalam usaha lain seperti pertanian dan perdagangan.

Bumdes ini berdiri sejak tahun 2020 dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat desa dalam berbagai sektor usaha.

Bumdes Tukung Ritan Sejahtera merupakan salah satu contoh Bumdes yang sukses beradaptasi dengan perubahan zaman dan kondisi yang ada. Bumdes ini juga membuktikan bahwa usaha desa bisa berkembang dan bersaing dengan usaha lain di luar desa.

[Adv]

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong