Logo Mahakamdaily.com

BBGRM ke-20 Kaltim, Bupati Kukar Ajak Marsyarakat Gotong Royong

Foto : Bupati Kukar Ajak Masyarakat Gotong Royong dan Pancasilais dalam Membangun Desa. (Ist)

Mahakam DailyPemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui berbagai program pembangunan. Salah satunya adalah dengan mengajak masyarakat untuk menguatkan nilai kegotongroyongan dan Pancasila dalam membangun daerah.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kukar Edi Damansyah dalam peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-20 tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2023, yang digelar pada Jumat (20/10/2023).

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Kami berharap melalui BBGRM yang digerakkan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), dapat memberikan manfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Edi.

Edi juga mengatakan bahwa peringatan BBGRM merupakan momentum untuk memotivasi pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa, untuk terus semangat membangun masyarakat Kukar menjadi lebih maju.

Untuk mendukung pembangunan desa, Pemkab Kukar juga telah melakukan penguatan fiskal dengan mengalokasikan dana untuk Rukun Tetangga (RT) sebesar Rp 50 juta per RT, selain dari dana Alokasi Dana Desa (ADD) dan bantuan pangan khusus.

Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberdayakan warga. Hasilnya, angka kemiskinan di Kukar turun 0,35 persen, berdasarkan data Badan Pusat Statistik.

“Peran fungsi ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam bentuk fasilitasi penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu dituntut LPM di Kukar bisa saling bersinergi dalam Rumah Besar pengentasan kemiskinan yang terus berjalan,” tutur Edi.

Selain itu, program inovatif Bupati Edi Damansyah dan Wakil Bupati Rendi yakni ‘Kukar Bebaya’ telah berhasil mengangkat status semua desa di Kukar, dalam memetakan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Program ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari nilai kegotongroyongan dan Pancasila yang dijunjung tinggi oleh masyarakat Kukar dalam membangun desa.

[adv]

Space Reklame