Logo Mahakamdaily.com

Bank Sampah Panji, Solusi Tepat Atasi Sampah dan Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Bank sampah Kelurahan Panji / Istimewa

Foto : Bank sampah Kelurahan Panji / Istimewa

Mahakam Daily – Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menunjukkan komitmennya dalam menangani permasalahan sampah dan meningkatkan ekonomi masyarakat melalui program bank sampah.

Lurah Panji, Isnaniah, mengungkapkan bahwa bank sampah ini menjadi solusi inovatif untuk mengelola sampah secara efektif. Sampah yang memiliki nilai ekonomis akan diolah menjadi produk kerajinan tangan atau pupuk, sehingga menghasilkan manfaat ganda bagi lingkungan dan masyarakat.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Kami mengajak masyarakat untuk aktif memilah sampah rumah tangga mereka, pisahkan antara sampah organik dan anorganik,” tutur Isnaniah.

Upaya ini diharapkan dapat meminimalisir volume sampah di Kelurahan Panji dan menjaga kebersihan lingkungan. Lebih dari itu, bank sampah ini membuka peluang baru bagi masyarakat untuk meningkatkan pendapatan.

Kepala DLHK Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengamini pernyataan Isnaniah. Ia menjelaskan bahwa pembentukan bank sampah di hampir seluruh desa dan kelurahan di Kukar bertujuan untuk memilah sampah yang memiliki nilai jual.

“Masyarakat dapat menyisihkan dan menjual sampah bernilai ekonomis ke bank sampah di wilayahnya masing-masing,” ungkap Slamet.

Dengan partisipasi aktif masyarakat dan pengelolaan bank sampah yang optimal, Slamet optimistis bahwa permasalahan sampah di Kukar dapat teratasi dengan baik. Bank sampah ini juga menjadi solusi tepat untuk menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan menerapkan pola hidup ramah lingkungan dan memanfaatkan bank sampah secara optimal, diharapkan sampah di Kukar dapat dikelola dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat