Logo Mahakamdaily.com

Air Terjun Gunung Malang, Destinasi Wisata Baru di Desa Cipari Makmur Kukar

Air Terjun Gunung Malang Desa Cipari Makmur / Istimewa

Foto : Air Terjun Gunung Malang Desa Cipari Makmur / Istimewa

Mahakam Daily – Air Terjun Gunung Malang di Desa Cipari Makmur, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu destinasi wisata baru yang patut dikunjungi. Air terjun ini menawarkan keindahan alam yang masih asri dan kental dengan suasana pedesaan.

Berjarak sekitar 5 km dari kantor desa, Air Terjun Gunung Malang sebelumnya sulit dijangkau. Namun, berkat kerjasama antara pemerintah desa dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Demong Sora, akses jalan menuju air terjun ini telah diperbaiki dan dapat dilalui dengan kendaraan roda dua maupun empat.

Banner Diskominfo Kukar 2024

“Sekarang akses jalannya sudah baik dan bisa dilewati, kalau dulu hanya kendaraan roda dua yang bisa lewat,” kata Kepala Desa Cipari Makmur, Sodikin Sukmana, Sabtu (8/6/2024).

Pengembangan destinasi wisata ini tidak terlepas dari bantuan pemerintah daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar. Dana sekitar Rp 1 miliar telah digelontorkan untuk perbaikan akses jalan dan pembangunan fasilitas penunjang seperti gubuk kecil untuk tempat bersantai dan gazebo.

“Di tempat wisata ini, masyarakat dapat menikmati kesejukan alam yang masih asri. Kita juga sudah siapkan beberapa gubuk kecil untuk tempat bersantai. Serta beberapa gazebo yang sedang dipasang di destinasi wisata unggulan Desa Cipari Makmur ini,” bebernya.

Meskipun sudah dibuka untuk umum, destinasi wisata ini belum memungut retribusi tiket masuk. Hal ini dikarenakan beberapa pengembangan masih terus dilakukan.

“Ya harapannya kedepan destinasi wisata ini bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Serta dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat desa,” harapnya.

Air Terjun Gunung Malang memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata unggulan di Kukar. Keindahan alamnya yang masih asri dan akses yang mudah dijangkau menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan pengembangan yang berkelanjutan, diharapkan air terjun ini dapat menjadi salah satu ikon wisata di Kukar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat