Logo Mahakamdaily.com

60 Guru PAUD Kukar Ikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

60 Guru PAUD Kukar Ikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Foto : 60 Guru PAUD Kukar Ikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar

Mahakam Daily – Sebanyak 60 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam pengasuhan dan pendidikan PAUD dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari, mulai tanggal 1 hingga 4 November 2023, ini menggunakan dua mode kombinasi, yaitu daring (online) dan luring (offline). Para peserta sebelumnya telah mengikuti proses pembelajaran secara daring, kemudian dilanjutkan dengan proses diklat secara luring di Hotel Grand Fatma, Tenggarong.

Ketua Panitia Pelaksana, Nuraini mengatakan bahwa para peserta diklat terdiri dari guru-guru PAUD dari beberapa satuan pendidikan yang tersebar di beberapa kecamatan dalam wilayah Kukar.

“Dari total 258 Jam Pelajaran (JP), tidak kurang dari 48 diantaranya akan disampaikan oleh para narasumber. Sehingga setelah mengikuti diklat, para peserta setara dengan mereka yang memiliki jenjang pendidikan D2,” ujar Nuraini, Rabu (1/11/2023).

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan Disdikbud Kukar, Drs. Joko Sampurno, M.Si, yang mewakili Kepala Dinas dalam sambutannya, mengatakan bahwa diklat ini adalah sebagai dasar bagi para peserta, karena tidak semua guru memiliki kualifikasi pendidikan Sarjana PAUD.

“Oleh karena itu, dengan kegiatan ini para peserta diklat dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menjadi guru PAUD. Dengan peningkatan kualitas guru, dengan sendirinya anak didiknya akan ikut berkualitas,” katanya.

Joko juga menyebutkan bahwa para peserta yang hadir di ruang pertemuan Hotel Grand Fatma adalah orang-orang yang beruntung, karena dari lebih 500 lembaga PAUD yang ada di Kukar mereka yang lebih dulu terpilih.

“Oleh karenanya saya berharap agar para peserta bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” tutupnya.
(Adv)

Mahakam Daily – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuktikan komitmennya pada

Mahakam Daily – Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mendorong