Logo Mahakamdaily.com

30 Anak di Muara Muntai Ikuti Sunatan Massal Gratis, Ada Pelatihan Fardhu Kifayah dan Lomba Habsyi

Ketua TP PKK Kukar dan pembina Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah (Aswaja) Kukar, Maslianawati Edi Damansyah melakukan foto bersama / Istimewa

Foto : Ketua TP PKK Kukar dan pembina Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah (Aswaja) Kukar, Maslianawati Edi Damansyah melakukan foto bersama / Istimewa

ADV OPD DISKOMINFO KUKAR

TGL UPLOAD : Kamis (27/6/2024)

Banner Diskominfo Kukar 2024

FOTO : Ketua TP PKK Kukar dan pembina Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah (Aswaja) Kukar, Maslianawati Edi Damansyah melakukan foto bersama / Istimewa

Judul : 30 Anak di Muara Muntai Ikuti Sunatan Massal Gratis, Ada Pelatihan Fardhu Kifayah dan Lomba Habsyi

Tenggarong – Semarak Musim Haji diwarnai dengan kegiatan Sunatan Massal ke-7 yang digelar oleh Majelis Taklim Aswaja Kutai Kartanegara Peduli di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Muara Muntai, Kamis (27/6/24). Sebanyak 30 anak dari 5 desa di Kecamatan Muara Muntai antusias mengikuti sunatan gratis ini.

Lebih dari sekadar sunat, kegiatan ini juga menjadi momen edukasi bagi masyarakat. Ketua TP PKK Kutai Kartanegara dan pembina Ahlus-Sunnah wal-Jama’ah (Aswaja) Kukar, Maslianawati Edi Damansyah, menyampaikan bahwa sunat tak hanya bermanfaat secara agama, tapi juga bagi kesehatan.

“Sunat ini sangat baik bagi kesehatan,” jelas Maslianawati.

Selain sunatan gratis, peserta juga mendapatkan paket lengkap, yaitu tas, peci, baju koko, dan sarung. Acara ini pun terbuka untuk anak-anak non-muslim yang ingin mengikuti sunat.

Bersamaan dengan sunatan massal, Aswaja juga menyelenggarakan pelatihan fardhu kifayah untuk 30 peserta, terdiri dari 15 perempuan dan 15 laki-laki. Pelatihan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi dan budaya Islam, serta mempersiapkan generasi penerus dalam mengurus jenazah.

“Jadi jangan takut para pengurus jenazah karena nanti menjadi guru bagi para peserta pelatihan fardhu kifayah,” ungkap Maslianawati.

Semarak Musim Haji tak berhenti di situ. Aswaja juga telah menyiapkan rangkaian acara menarik di bulan Muharram mendatang. Di antaranya adalah lomba Habsyi dan tabligh akbar dengan menghadirkan ustadzah Karisma dari Jawa.

Setiap kecamatan di Kutai Kartanegara akan mengirimkan 2 regu dan 5 orang ofisial untuk mengikuti lomba Habsyi. Semangat para peserta lomba diharapkan dapat menyemarakkan bulan Muharram dan mempererat persaudaraan antar umat muslim.

Sebelum acara dimulai, diadakan juga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) untuk pejabat daerah, baik kepala dinas maupun camat. Para peserta muslim membaca ayat suci Al-Quran, sedangkan peserta non-muslim membaca kitab suci masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi wujud kepedulian Aswaja terhadap generasi muda.

Adv/Diskominfo Kukar

Mahakam Daily – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Rapat