Logo Mahakamdaily.com

Workshop Musik Tingkilan untuk Pelajar SMP di Kukar

Foto : Workshop Musik Tingkilan untuk Pelajar SMP di Kukar

Mahakam Daily – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) kembali menggelar workshop musik Tingkilan untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) di daerah tersebut. Kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya di tahun ini, setelah sebelumnya dilakukan pada bulan Juni lalu.

Workshop musik Tingkilan ini bertujuan untuk melestarikan dan melindungi seni tradisi Kutai yang sudah sangat familiar di kalangan masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kemampuan bermusik kreasi para pelajar, khususnya di jenjang SMP, yang selama ini belum bisa berprestasi di tingkat provinsi.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

Peserta workshop kali ini berjumlah delapan SMP dari tiga kecamatan, yaitu Tenggarong, Loa Kulu, dan Tenggarong Seberang. Mereka akan mendapatkan bimbingan dari tiga narasumber yang merupakan anggota dari kelompok musik Tingkilan terkenal di Kukar, yaitu Topa Tenggarong, Olah Gubang Tenggarong, dan Cahaya Mahakam Tenggarong.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada 20-21 November 2023, di Gedung Serbaguna Disdikbud Kukar. Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kukar, Puji Hutomo, SH, yang mewakili Kepala Dinas, mengatakan bahwa workshop ini diadakan agar generasi muda, khususnya para pelajar, bisa paham, menguasai, dan mahir dalam memainkan musik Tingkilan. Dengan demikian, seni tradisi Kutai bisa terhindar dari kepunahan.

Hutomo juga berharap agar para peserta bisa mengikuti workshop dengan sebaik-baiknya dan memanfaatkan kesempatan ini untuk belajar dari para instruktur yang telah dihadirkan.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini,” ucap Hutomo.
(Adv)

Space Reklame