Logo Mahakamdaily.com

Guru Harus Ubah Mindset, Anak Bukan Objek Tapi Mitra Belajar

Foto : Guru Harus Ubah Mindset, Anak Bukan Objek Tapi Mitra Belajar

Mahakam Daily – Kepala Bidang Pendidikan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kukar Ahmad Nurkhalish menekankan pentingnya perubahan mindset guru dalam proses belajar mengajar. Menurutnya, guru harus menganggap anak sebagai mitra belajar, bukan sebagai objek yang harus dipaksa.

Nurkhalish mengatakan, dengan menganggap anak sebagai mitra belajar, guru dapat memahami keinginan dan kebutuhan anak dalam belajar. Guru juga dapat menghargai dan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki oleh anak.

Follow Instagram Bakul NNN
space iklan 300x300

“Di mana kelebihannya, di mana kekurangan, di mana tidak pukul rata sama semua,” ujar Nurkhalish, Jumat (24/11/2023).

Ia mencontohkan, dulu anak yang bagus nilai matematika dianggap pintar, sedangkan anak yang berbakat di bidang lain tidak dihargai. Padahal, setiap anak memiliki hak yang sama untuk dihargai dan dikembangkan sesuai dengan bakat dan potensinya.

“Kalau dia olahraganya lari cepat, lompat jauh ya bisa, atau pintar menganyam, pintar mengaji, tidak dihargai,” tambahnya.

Ia berharap, guru dapat membimbing dan mengarahkan anak ke jalan yang seharusnya sesuai dengan bakat dan potensinya. Ia juga berpesan, agar guru memberikan pola pembelajaran yang kreatif dan tidak membosankan, sehingga anak dapat menikmati belajar dan lebih mudah menyerap materi.

“Kita juga berharap anak-anak bisa menikmati belajar sambil bermain. Ada pola baru untuk mereka lebih bersemangat,” tutupnya.
(Adv)

Space Reklame